MENENTUKAN PARTITION SCHEME SAAT INSTAL WIN 10

assalamualaikum warahmatullah..

sebenarnya saya disini hanya melampiaskan kegabutan saya saat pandemi😕.
dari paada gak ada kerjaan gak ngapa-ngapain akhirnya saya putuskan untuk menulis sesuatu di blog saya yang telah lama saya abaikan ini. okelah dari pada mlenceng kemana mana ini pembahasan langsung aja keTutorialnya ya tapi tutorial ini saya buat berdasarkan pengalaman saya setelah beberapa kali melakukan instal Ulang windows 10 ke beberapa laptop. oke cekidot.... kejedot benjoll.
..
sebelum instal ulang ada hal penting yang harus kalian lakukan yaitu menentukan partition scheme yg di gunakan pada laptop kalian.
oke untuk menentukan partition scheme kita harus memastikan dahulu laptop yang anda gunakan ini mempunyai bios bertipe apa UEFI atau LEGACY. karena ini akan menentukan bagaimana kita memilih atau melakukan setting pada pembuatan bootable. kemudian melakukan pengecekan pada hardisk apakah hardisk yg ada di laptop anda bertipe GPT atau MBR.
untuk pengecekannya kalian bisa buka file explorer >>klik kanan pada this pc/ my computer>>manage>> lalu klik disk management>> klik kanan pada disk 0


jika disitu tertulis convert to GPT berarti hardisk kalian bertipe MBR.  begitupun sebaliknya.
Beberapa laptop juga memiliki dua bios sekaligus yaitu CSM/LEGACY juga UEFI BOOT.
jadi jika laptop anda menggunakan BIOS/CSM/LEGACY berarti hardisk anda harus MBR
jika laptop anda menggunakan UEFI boot maka hardisk anda harus GPT
adapun ciri lainnya yg mungkin sangat mudah dilihat adalah tombol windows pada laptop jika tombol anda berlogo win 7 kemungkinan besar menggunakan BIOS/LEGACY
jika tombol anda ber logo win 10  kemungkinan besar menggunakan UEFI.
jika partisi scheme anda tidak sesuai saat menginstal windows anda harus melakukan convert dari GPT ke MBR atau sebaliknya.

Comments